Categories
Ulasan

Kunto Aji Pilu Membiru yang Haru

Kunto Aji Pilu Membiru yang Haru – Kunto Aji adalah salah satu musisi Indonesia yang dilabeli oleh Uppercut dan Juni Record. Pria kelahiran 04 Januari 1987 ini pertama kali dikenal karena bakatnya ketika mengikuti ajang Indonesian Idol musim kelima dan menjadi finalis keempat.

Kunto Aji lahir dengan nama asli Kunto Aji Wibisono, memulai karirnya di dunia musik dengan single “Terlalu Lama Sendiri” yang keluar tahun 2014. Pada tahun 2010, musisi kelahiran Yogakarta ini juga pernah membintangi salah satu film “Senggol Bacok” dengan latarbelakang komedi.

Mantra Lagu yang Membiru

Kunto Aji Pilu Memberiu
Album Kunto Aji Mantra-Mantra

Album kedua Kunto Aji yang diberi nama Mantra-Mantra dirilis pada 14 September 2018 dengan latarbelakang kesehatan mental. Ide dari cerita terciptanya album ini tidak jauh dari emperis penyanyi, seperti kisah asmara dan psikologisnya. Kesehatan mental diangkat menjadi tema besar meski tidak semua lagu-lagu memiliki konsep kesehatan mental, namun tidak bisa dipungkiri bahwa materi lagu yang disuguhkan mampu memberikan ketenangan bagi pendengarnya.

Melansir dari wawancara Medcom.id dengan Kunto Aji, di mana pada awalnya kesehatan mental yang menjadi tema besarnya tidak ingin diungkapkan kepada khalayak dengan pertimbangan pembahasan dan isi materinya yang terlalu berat. Akan tetapi sebaliknya, respon yang diberikan justru memberikan dorongan positif sehingga memberikan dampak signifikan.

Seperti yang telah disebutkan di atas, kesehatan mental diangkat menjadi tema besar juga dilandasi dari problema hidup musisi. Di mana pada beberapa waktu, Kunto Aji pergi ke psikolog untuk membicarakan dan berkonsultasi perihal masalah yang dialaminya.

Salah satu lagu dalam album Mantra-Mantra dengan judul “Pilu Membiru” yang beberapa waktu lalu menjadi tranding di Youtube memberikan kesan yang begitu luar biasa karena konsep yang diusung sangat berbeda.

Kunto Aji dalam video klipnya ini berkolaborasi dengan Adjie Santosoputro salah satu praktisi pemulihan batin. Selain itu dalam video klip yang rilis 13 November 2019 ada 3 paritisipan yaitu Rama, Dede, dan Sasha yang memiliki kisah pilu.

Kunto Aji yang Tak Pilu

Melansir dari official akun Youtube Kunto Aji, tujuan dibuatnya video klip lagu Pilu Membiru adalah mempertemukan ketiga paritisipan dengan Adjie Santosoputro untuk menceritakan bagaimana kisah dan pengalaman yang dialami oleh para partisipan.

Kisah haru dan pilu yang tercermin dalam lagu ini memberikan dorongan positif bagi yang melihatnya karena jika dipahami lebih jauh, tidak ada masalah yang tidak bisa diatasi sebab selalu ada orang-orang yang bisa membantu dan meringankan beban yang dipikul.

Kunto Aji sukses memberikan pengaruh positif bagi banyak orang, hal ini terbukti dengan suksesnya Pilu Membiru. Semoga dengan adanya lagu dan video klip ini, kita semua bisa kembali menyelami pemikiran dan lubuk hati sehingga pikiran-pikiran negatif yang tumbuh juga mengakar mampu terkikis.

Visualisasi yang dihadirkan oleh Kunto Aji dan timnya bisa memberikan inspirasi sekaligus penyembuhan diri. Kita diajak untuk memahami kondisi dan kehidupan orang lain tanpa melupakan bahwa solusi selalu datang entah dari mana dan dari siapapun.

Lirik lagunya pun sangat mewakili perasaan orang-orang yang memiliki masalah batin, tekanan mental, dan hal-hal yang mengusik ketenangan jiwa. Terlebih dengan iringan biola diawal-awal yang selaras dengan tujuan dibuatnya visualisasi dan eksperimen ini.

Masing-masing partisipan dalam video klip ini diajak untuk bercerita, berbagi beban dan masalah sehingga gusar jiwa bisa dikeluarkan, terbang tinggi kelangit biru. Mengutip dari official akun Kunto Aji:

Tujuan kami adalah mempertemukan mereka dengan Mas Adjie, berkonsultasi, sekaligus membagikan inspirasi kepada kita, bagaimana mereka bisa melewati masa sulit, titik terendah dalam hidup dan mencapai keikhlasan. Dengan sedikit kejutan, kehadiran saya, Kunto Aji secara langsung.

Kunto Aji dan Tim
  • Referensi:
    • Akun Youtube Kunto Aji – Video Klip Pilu Membiru
    • https://id.wikipedia.org/wiki/Kunto_Aji
    • INews.id
    • https://id.wikipedia.org/wiki/Mantra_Mantra
    • Medcom.id

Salam hangat, semoga bermanfaat.

By Ahmed Fauzy Hawi

The second child of the romantic couple, Sahawi and Saniah | Writing poetry | Studied at the University of Cokroaminoto Yogyakarta, majoring in management with the consenation of human resources management.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.